Kata Abock Busup Setiap Distrik di Yahukimo Punya Potensi

JAYAPURA (Bisnis Papua) – Pemerintah Kabupaten Yahukimo saat ini terus mendorong peningkatan potensi beberapa distrik dari 51 distrik yang ada seperti Kurima, Tangma dan Anggruk.

Seperti yang dikatakan Bupati Yahukimo Abock Busup, di Jayapura, Senin (14/1/2019), untuk Distrik Kurima, pihaknya menginstruksikan masyarakat untuk menanam dan mengembangkan potensi perkebunan kopi lokal berjenis arabika.

“Sehingga di Distrik Tangma ini kami sebut sebagai kampung kopi mengingat banyaknya masyarakat menanam tanaman tersebut,”terangnya.

Menurut Abock, untuk sayur-sayuran, kol dan wortel akan difokuskan di Distrik Kurima, sedangkan buah merah diinstruksikan ditanam di Distrik Anggruk.

“Untuk peternakan seperti babi, ayam dan ikan bisa difokuskan di Distrik Korupun, khususnya untuk ikan mas,” ujarnya.

Lebih jauh dijelaskannya instruksi ini diharapkan dapat meningkatkan dan mempertahankan perekonomian masyarakat di distrik-distrik hingga ke kampung-kampung.

“Selain itu, peningkatan potensi ini juga untuk meningkatkan gizi anak-anak melalui bahan makanan pokok yang dikembangkan oleh masyarakat di masing-masing distrik,” katanya lagi.

Lanjutnya, upaya peningkatan masing-masing distrik ini menggunakan dana desa yang didistribusikan oleh pemerintah ke masing-masing kabupaten. (Julia)