Visi & Misi

Visi & Misi Kopi-Papua.com dalam mengemban tugas dan tanggungjawab sebagai perintis bisnis kopi oleh Orang Asli Papua di Tanah Papua.

Visi dan Misi

Visi kopi-PAPUA.com

Menjadi media informasi dan pemberitaan yang menyeluruh dan transparan kepada para petani serta pebisnis dan konsumen Kopi Papua pada khususnya dan penikmat Kopi pada umumnya tentang Kopi yang berasal dari Tanah Papua (atau pulau New Guina), yaitu dari Sorong di provinsi Papua Barat, Indonesia sampai Samarai, DKI Port Moresby, Papua New Guinea.

 

Yang mengandung makna sebagai berikut:

  1. “Menjadi”

Mencerminkan arah pengembangan KSU Baliem Arabica untuk melakukan terobosan dan perintisan dari badan usaha milik anggota di tingkat lokal menjadi badan usaha yang professional dan mendunia dalam bidangnya.

  1. “Produsen”

Badan usaha yang terlibat secara langsung dan proaktif dalam menyediakan bibit, menanam, memelihara, memanen, memproses hasil panen dan menjual Kopi Arabica Papua.

  1. “Papua Single Origin”

Kopi yang diproduksi KSU Baliem Arabica berasal dari Tanah Papua (di Provinsi Papua Barat, Provinsi Papua dan di Negara Papua New Guinea)

  1. “Specialty Coffee”

Kopi yang berasal dari wilayah geografis dengan microclimates tertentu yang menghasilkan profil citarasa yang khas.

  1. “Terpercaya”

  • Bagi konsumen karena kualitasnya berdasarkan Sertifikasi Internasional atas proses pembibitan, penanaman, pemeliharaan, pemanenan, pengeringan, pemaketan, transportasi sampai penjualan  yang mennghasilkan kopi murni, 100%  organic dan sehat secara moral dan hygiene;
  • Sehat secara moral dan hygine berarti jaringan produksi kopi menghindari praktek-praktek yang dapat menyebabkan secara langsung atau tidak langsung perbuatan yang melanggar HAM, perusakan lingkungan atau merugikan bagi kesehatan pribadi, dan memenuhi syarat-syarat produk “halal” sebagaimana ditetapkan oleh pihak berwenang.
  • Bagi Penikmat Kopi karena Citarasa Specialty Coffee yang unik dan terus dipertahankan dari waktu ke waktu;
  • Bagi pulik karena pematokan harga dilakukan secara terbuka dan dipertanggungjawabkan secara berkala dalam bentuk Laporan Tahunan secara Tertulis dan dipublikasikan;
  • Bagi anggota karena segala hasil usaha Koperasi ditujukan sebesar-besarnya untuk keuntungan anggota dan investor;
  • Untuk mendatangkan keuntungan sebesar-besarnya, maka Koperasi sebagai “business entity” dikelola secara professional berdasarkan prinsip kehati-hatian, secara proaktif, inovatif dan komersial;
  • Bagi publik karena koperasi didukung secara moral dan finansial oleh anggotanya, yang kesemuanya ialah anggota Masyarakat Adat Papua;
  • Disamping professional dan komersial, Koperasi senantiasa bertindak sesuai dengan keinginan para anggota dan investor sebagaimana ditetapkan dalam Rapat Umum Anggota (RUA) setiap tahunnya.
  1. “Unggul”

Koperasi akan dikelola secara professional dengan dukungan SDM, menejemen organisasi yang professional serta dengan mengupayakan teknologi yang tepatguna dan handal.

Koperasi akan mempertahankan posisinya sebagai perintis produk Unggulan dan produsen terbesar “Papua Specialty Coffee”, sekaligus sebagai pengekspor pertama produk unggulan Tanah Papua ke pasar mancanegara.

Koperasi akan mempertahankan produk “Papua Specialty Coffee” dengan merek dagang BBCoffee (singkatan dari Baliem Blue Coffee) dengan kualitas prima dan citarasa khasnya, lebih baik daripada pesaing.

Koperasi akan mengembangkan usaha-usaha lain yang berpotensi membantu usaha-usaha peningkatan keuntungan bagi anggota dan investor.

Dalam menjalankan operasional komersial Koperasi akan selalu mengacu kepada prinsip kehati-hatian, mentaati regulasi perkoperasian, perdagangan, ekspor-impor dan aturan yang ditetapkan Kementerian Koperasi dan UKM serta melaksanakan prinsip dan praktek good corporate governance (GCG)

  1. “Membumi”

  • Koperasi akan dikembangkan dengan berpatokan kepada nilai dan sistem sosial dan organisasi yang ada di dalam Anggotanya yang keseluruhannya ialah Masyarakat Adat Papua.
  • Koperasi akan mengembangkan semua tanaman kopi dengan melarang penebangan pohon untuk penanaman kopi sehingga produk kopi yang dihasilkan koperasi ialah produk kehutanan, dan bukan produk pertanian;
  • Koperasi akan terus membiayai kegiatan-kegiatan sosial dan pelestarian lingkungan hidup lewat Yayasan Alam-Budaya Papua dan Yayasan 8+1

Misi

Mewujudkan sebuah lapangan bisnis Kopi Papua yang transparan, bertanggungjawab dan berdaya-saing.

Untuk itu situs ini berupaya menyajikan informasi dan kabar tentang perkembangan bisnis kopi di Tanah Papua, dari Sorong (West Papua) sampai Samarai (Papua New Guinea)

Untuk visi di atas, maka misi situs Kopi-Papua.com ini ialah

  1. Menyajikan informasi dan berita tentang Kopi Arabika dan Kopi Robusta yang ada di Tanah Papua,
  2. Memberikan informasi tentang potensi pengembangan Kopi Papua;
  3. Memfasilitasi dan membantu para petani Kopi Papua dari sisi produksi dan pasar Kopi Papua.
 Length: [742] words., and modified on May 28th, 2016.

Leave a Reply