Asal Tak berlebihan, Minum Kopi Punya Banyak Manfaat Loh

KOPI merupakan salah satu jenis minuman yang digemari masyarakat Indonesia. Tak hanya diminum oleh kaum pria, namun si pengusir kantuk ini juga sudah banyak membuat kaum hawa jatuh hati untuk mengkonsumsinya.

Ternyata, dari beberapa hasil penelitian yang dilansir berbagai sumber,  kopi memiliki segudang manfaat untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam takaran yang tepat. Karena jika berlebihan, tentunya juga akan menyebabkan masalah kesehatan bagi Anda.

Berikut beberapa manfaat positif dari mengkonsumsi kopi :

* Melindungi jantung

mengonsumsi 1-2 cangkir kopi hitam per hari memiliki risiko terkena stroke lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi. Hal ini disebabkan oleh adanya antioksidan yang terkandung dalam kopi. Antioksidan yang terkandung di dalamnya membantu menahan efek buruk dari peradangan pada arteri. Sesaat setelah meminumnya, kopi meningkatkan tekanan pada darah dan denyut jantung. Namun setelah beberapa lama, kopi justru menurunkan tekanan darah, karena antioksidan pada kopi mengaktifkan asam nitrat pada tubuh sehingga terjadi pelebaran pembuluh darah.

* Mencegah diebetes

Antioksidan kopi, khususnya asam klorogenat dan guinides, memainkan peranan untuk meningkatkan sel tubuh terhadap insulin yang membantu mengatur gula darah. Faktanya, orang yang minum kopi setiap harinya memiliki risiko lebih rendah terkena 2 tipe diabetes.

*  Menjaga kesehatan hati

Kopi juga bisa meminimalkan risiko munculnya sirosis dan penyakit hati lainnya. Satu analisa dari sembilan penelitian menemukan bahwa kopi bisa menurunkan risiko kanker hari sebanyak 43%. Hal ini karena peran antioksidan dan kafein di dalamnya.

* Meningkatkan kekuatan otak

Minum kopi secara teratur juga dapat membantu mengurangi risiko demensia dan Alzheimer, sama halnya seperti Parkinson. Antioksidan yang terkandung di dalam kopi menangkal kerusakan sel otak dan membantu jaringan saraf untuk bekerja lebih maksimal sehingga otak bekerja lebih baik.

Namun, di balik kenikmatan dan manfaat kopi tadi, kopi menyimpan efek negatif jika diminum berlebihan, antara lain,dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida yang akan membuat darah lebih pekat.

Untuk dapat menghindari efek negatif pada kopi, pilih racikan kopi tanpa tambahan gula dan susu, serta mengurangi dosis kopi yang Anda minum setiap harinya. Selain itu, pilih juga jenis kopi yang tanpa kafein. Jangan lupa untuk selalu konsumsi 2 gelas air putih untuk setiap satu cangkir kopi yang Anda minum. (embun)

Ampas Kopi Jangan Langsung Dibuang! Banyak Manfaatnya Lho…

KOPI ternyata bukan hanya nikmat ketika diseduh dengan air panas loh. Ampas kopi yang berada pada dasar gelas Anda, juga memiliki beragam manfaat. Berikut beberapa manfaat ampas kopi bagi kecantikan maupun sebagai penghilang bau yang dilansir berbagai sumber:

* Membersihkan Peralatan Makan

Tekstur ampas kopi yang kasar, dapat digunakan untuk membersihkan noda maupun kotoran pada peralatan makan Anda. Selain itu, bau amis yang tersisa juga akan hilang dengan mudah. Caranya, cukup campurkan ampas kopi dengan cairan pembersih Anda  lalugunakan spons untuk membersihkannya.

* Perawatan kecantikan

Selain dapat digunakan sebagai scrub pembersih kulit mati di wajah Anda, ampas kopi jugadapat membantu mengurangi selulit. Caranya, dengan mencampur bubuk kopi dengan minyak zaitun. Oleskan campuran ini pada selulit dengan di bungkus plastik. Diamkan selama 5 menit, lalu bilas dengan air.

* Sebagai Kompos

Ampas kopi juga memiliki manfaat menyuburkan tanaman. Untuk menjadikan ampas kopi sebagai pupuk, Anda harus mendiamkan dahulu ampas kopi yang ada agar terurai. Untuk membuat pupuk kompos, campurkan dedaunan, rumput segar, dan ampas kopi dengan rasio perbandingan yang sama.

* Menghilangkan bau

Seperti baking soda, kopi juga memiliki kemampuan menghilangkan bau tak sedap. Cukup taruh ampas kopi dalam mangkuk, dan taruh di tempat yang memiliki bau tidak enak.

* Mengusir hama tanaman.

Cukup dengan menebarkan ampas kopi disekitas pot tanaman Anda, maka hama seperti siput maupun semut tak akan mau mendekati tanaman Anda lagi. (embun)

Minum banyak kopi justru bisa bikin tubuh mudah lelah, lho

Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum | Selasa, 6 September 2016

Merdeka.comApakah kamu sering merasa lelah dan mengantuk padahal malam sebelumnya sudah tidur dengan waktu yang cukup?
Atau apakah kamu mudah mengantuk setelah makan siang? Jika ya, kamu biasanya akan menanggulanginya dengan minum kopi hitam. Dengan harapan, kandungan kafein yang ada di dalam kopi hitam akan meningkatkan kinerja hormon adrenal sehingga membuatmu jadi melek.

Namun sebuah penelitian yang dilansir dari idiva.com malah menemukan fakta sebaliknya. Terlalu banyak minum kopi justru bisa membuat tubuh manusia menjadi mudah lelah dan mengantuk.

Bagaimana bisa?

“Kopi adalah minuman yang umum untuk dikonsumsi di pagi hari. Sebab tak hanya aromanya yang mampu menggugah selera, kandungan kafein di dalam kopi akan meningkatkan kerja hormon adrenal dalam tubuh. Dan tubuh manusia akan menjadi waspada, pikiran akan lebih mudah fokus, dan rasa lelah mudah hilang,” tulis penelitian ini. “Namun, terlalu banyak minum kopi di pagi hari ternyata membuat tubuhmu menjadi ketergantungan. Tubuh akan cenderung meningkatkan dosis konsumsinya ketika dosis yang biasa sudah tidak mempan lagi. Akibatnya tubuh pun akan mudah lelah tanpa alasan yang jelas.”

Solusinya?

“Cobalah untuk mengurangi konsumsi kopi harian. Jika biasanya kamu bisa minum 1-3 cangkir per hari, kurangi menjadi 1 cangkir per hari. Kamu bisa menggantinya dengan teh yang bisa memberikanmu suntikan energi tanpa membuatmu merasa ketergantungan.”

Studi: Kopi Tidak Bisa Bekerja Efektif Di Hari Ketiga Begadang

Bisnis.com, JAKARTA- Sebuah penelitian baru telah menemukan bahwa kafein gagal untuk meningkatkan kewaspadaan atau kinerja setelah Anda tidak tidur tiga malam berturut-turut.

Kafein sendiri, menurut studi tersebut memiliki keterbatasan menjaga tingkat keawasan seseorang sampai lima jam per malam.

Studi yang dilakukan oleh American Academy of Sleep Medicine menunjukkan bahwa dibandingkan dengan plasebo, kafein secara signifikan meningkatkan (PVT) kinerja psikomotor Kewaspadaan Task selama dua hari pertama, tapi tidak tiga hari terakhir dari waktu begadang

Penulis utama Tracy Jill Doty dari Walter Reed Army Institute of Research menjelaskan, hasil studi itu penting karena banyak orang yang mengandalkan kopi agar tetap bisa terjaga di malam hari.

“Hasil ini penting, karena kafein dianggap sebagai stimulan yang banyak digunakan untuk melawan rasa kantuk dan meningkatkan kinerja tubuh pada malam hari. Data dari studi ini menunjukkan bahwa dosis harian yang efektif tidak cukup untuk mencegah penurunan kinerja selama beberapa hari orang tidak tidur

Studi ini telah diterbitkan dalam suplemen online jurnal ‘Sleep’